Film "Finding Dory" buat saya ...

HALLO/HAI....
#RANDOMTALK1


Dari judulnya mungkin terkesan akan membahas film "finding dory" yang sebenarnya saya gak akan bahas keseluruhan film tersebut. Tapi..... ada dalam scene film finding dory ini yang buat saya tersadar. Yuuppss, sadar tentang kehidupan. Di bawah ini scene dari perkataan Dory yang buat saya ngangguk-ngangguk waktu nonton


Disitu, Dory mengatakan tentang "Apa hebatnya dari sebuah rencana?" terus disitulah saya berfikir, apa iya kita gak usah berencana? let it flow aja gitu, ikutin arus ? dan memang benar juga sih, kalau hal-hal terbaik itu memang yang terjadi secara tiba-tiba atau kebetulan kata Dory. Contohnya, tiba-tiba di ajak jalan terus ditraktir makan, tiba-tiba dapat smartphone baru, tiba-tiba diajakin temen ke luar negri, tiba-tiba dapat rezekilah pokonya dari arah yang tak diduga-duga (Aamiin). Dan, saya pun juga berfikir, emang benar juga, saya gak pernah berencana bertemu dengan teman saya yang sekarang, dulu saya juga gak berencana akan kuliah jurusan teknik industri ( dulunya mau jurusan psikologi ), saya juga gak berencana memilih keluarga saya sekarang atau dilahirkan oleh siapa. Saya gak berencana. Jadi semua ini rencana siapa ? 

Well, kali ini saya akan melihat sisi "kebetulan" ini dalam pandangan agama saya yaitu Islam.
Kata "kebetulan" ini dipakai manusia untuk menyatakan kejadian yang tiba-tiba atau kita tidak sangka-sangka. Misalnya si A bilang " eh barusan saya mau kerumah kamu mau ngasih oleh-oleh buat mama kamu, karena kebetulan kamu sudah datang deluan kesini, aku kasih kamu saja " atau melihat uang dijalan 100.000 atau berapalah nilanya yang seringkali kita anggap itu kebetulan saja. 
Contoh lainnya, pertemuan Si A dan Si B yang tiap harinya hanya bertemu di kantin sekolah yang akhirnya berujung pada sebuah pernikahan :D. Dalam pandangan islam, tidak ada yang namanya kebetulan karena semua itu sudah di atur oleh Allah. Dan saya percaya bahwa Allah adalah sebaik-baik perencana. Banyak sekali kejadian dalam kehidupan kita yang membuat kita terkadang berburuk sangka pada Allah :( . seperti kisah yang pernah saya baca  seorang pria yang bersandar pada sebuah pagar, di pagar tersebut banyak semut dan semut itu jalan ke pria itu semakin lama semakin banyak. Akhirnya, pria tersebut pindah karena merasa terganggu. Tak lama kemudian selang beberapa menit terjadi kecelakan. Sebuah mobil menabrak pagar tempat pria tersebut bersandar tadi. Yang bisa kita petik dari kejadian tersebut adalah, bisa jadi hal yang kita anggap buruk belum tentu buruk buat kita. seperti cerita tadi, bisa jadi Allah yang mengirimkan semut-semut itu untuk menyelamatkan si pria tadi. Jika saja pria tersebut masih bersandar pada pagar itu pasti pria itu sudah meninggal. Terkadang kita mengeluh, kenapa hidup kita seperti ini, kenapa hari ini sangat membuat kita kesal atau merasa hari ini hari terburuk yang pernah kita alami. Sebenarnya, kita hanya belum tau apa rencana Allah buat kita, kita belum tau apa yang sebenarnya Allah ingin ajarkan pada kita. Hal-hal yang terjadi dalam kehidupan kita itu sebenarnya menguatkan atau menjadikan kita lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Saya sendiripun terkadang mengeluh, kenapa harus saya yang diberikan ujian seberat ini? lalu saya tersadar seperti ayat pada Qur'an surah Al-baqarah : 286 
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala  ( dari kebajikan ) yang dikerjakannya dan dia mendapat siksa ( dari kejahatan ) yang diperbuatnya.” 
Yang berarti Allah tahu kita itu bisa melewati ini semua, kita hanya perlu berbaik sangka kepada Allah karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675]
Berikut ini video yang in syaa Allah membuat kita tersadar, bahwa Allah mempunyai rencana terbaik dibalik kejadian yang kita alami... ( aktifkan tranlate : CC )


Sekian dulu, in syaa Allah apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk saya sendiri dan kita semua. Mohon maaf saya tau masih banyak kekurangan dari mulai penulisan sampai bahasa saya yang masih berantakan. In syaa Allah akan diperbaiki...

I BELIEVE EVERYTHINGS HAPPEN FOR A REASON

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terima Kasih Kalian

my Attitude is based on how you treat me

Menuang Kisah 4