Ninggalin USAHA

HALLO !
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِي

Sekarang sih sudah jam 22:06 di Makassar. Tapi, mood untuk menuang kisah di blog ini lagi bagusss jadii langsung ajaa..

Jadi begini, dulu waktu jamannya "sweet seventeen birthday party" gitukan masa-masa waktu saya masih SMA sekarang sudah kuliah ( semester 3 :D ). Dan, dulu saya itu sukaa banget ngedekorasi ruangan ataupun berbau dengan edit foto atau desain. kan bebas berkarya. Bermula dari Low-Budget, jadi saya sama sahabat-sahabat SMA itu selalu cari ide untuk buat tiap ulang tahun kami itu berbeda dari yang lain dan tentunya bagus untuk foto dan "ala-ala" atau memakai tema tertentu. Kami nabung sebulan sebelum ulang tahun salah satu sahabat kami dan benar-benar buat konsep acaranya seperti apa, sampai-sampai diluar dugaan. SURPRISE !!! 

Singkat cerita, karena kali ini saya bukan mau membahas tentang apa yang dulunya saya lakukan bersama sahabat saya mengenai masa-masa SMA, lain waktu akan saya tuang kisah itu di blog ini tapi, tidak kali ini. Kali ini, saya mau membahas alasan saya berhenti dari usaha saya menjual perlengkapan ulang tahun ( bunting flag/flag banner, cake toppers, etc )
Awalnya, saya sangat suka dengan usaha saya ini yaitu menjual dekorasi ulang tahun. Yah bebas ajah desain sesuka saya tapi dulu saya juga sediakan custom flag sih jadi pembeli saya bisa request sesuai dengan desain yang mereka inginkan. Dulu kan, ngetrend banget tuh dekorasi awal-awal sy SMA dan banyak banget party planner yang buka dengan harga yang rata-rata yah... mahal buat anak SMA lah. jadi, saya mikir dari pada beli mending buat. Dan dari awal dekorasi buat sahabat sendiri lama kelamaan banyak juga yang suka dan support dari sahabat-sahabat saya untuk mulai usaha jual item birthday ini.

Kalau mau nulis detailnya banget pasti panjang banget sih, jadi ceritanya saya singkat-singkat saja yah..

Dibawah ini awal-awal saya memulai usaha online shop dengan menjual item Birthday party di Instagram...








Bahkan sayapun pernah ngalamin yang namanya ditipu pembeli bunting flag saya 


yang namanya usaha pasti ada saja dimana hal seperti ini terjadi, jadi yah normal saja laah. toh, ini juga bisa jadi pembelajaran hihhihi... Lika-liku pada saat usaha Olshop ini banyak sekali. mulai dari ditipu tadi, lokasi pemesan yang terlalu jauh, pemesan hilang kabar, perubahan orderan padahal sudah jadi pffft.., minta di cancel karena acaranya gak jadi, pemesan minta di anterin tengah malam, bermasalah dengan driver ojek online karena salah alamat, minta dibuatkan dadakan pesan hari itu juga pengen jadi pada saat itu juga huhu, dan masih banyak lagiii................

DAN SEMUANYA BERHENTI PERLAHAN.........

Disini saya mulai gak sejalan lagi sama pemikiran dan hati saya, pemikiran saya bilang "gak apa-apa jualan item birthday gitu kan yang penting gak kita ikut-ikutan" dalam artian buat birthday party juga dan hati saya bilang " udah tinggalin ajah, ingat Allah yang ngatur rezeki setiap hambanya, jadi gak usah takut gak ada uang tambahan lagi". Dan sayapun mencoba perlahan dengan tetap menjual bunting/banner flag tetapi hanya request nama saja bukan lagi tulisan " happy Birthday" " happy anniversary" " Met ultah " dll. Disini saya betul-betul GALAU, gak tau harus gimana. jadi, saya lakukan research kan bagaimana hukumnya jualan item birthday gitu dalam islam. Berbulan-bulan lamanya saya belum temukan titik kepuasan dalam diri saya akan sebuah jawaban. Saya mendengarkan ceramah mengenai itu dan yang saya dapat itu tidak boleh karena kita mengikuti kaum yang lainnya seperti hadits dibawah ini,


Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْBarangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031. Syaikhul Islam dalam Iqtidho‘ 1: 269 mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid/bagus. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Irwa’ul Gholil no. 1269)


Dan sumber lain yang saya tanyakan mengenai persoalan yang menganggu kepala saya ini katakan " yah gak apa-apa, kan kita hargain juga agama selain kita" dan yang lainnya mengatakan " Gak apa-apa, selama kita gak rayakan itu, kan kamu cuma jualan saja" pfffttt :( 

banyak sekali sumber yang membebani diri saya waktu itu, dari ustadz yang saya dengar ceramahnya, beberapa teman saya, mama saya, bahkan driver car online. Masa-masa mencari jawaban itu sangatlahhhh LUARBIASAAAA pemirsaa ...

Bahkan salah satu teman saya mengatakan kepada saya "emangnya gak ada cara lain cari rezeki selain dengan menjual item birthday seperti itu?" dan sayapun kembali berfikir. Apa iyaa ini satu-satunya yang bisa saya kerjakan dalam menghasilkan uang ? tapikan saya ngerasa disini tuh jadi passion saya dalam berkarya. Lagi-lagi hal ini membuat saya GALAU


                                                                   ( PART 2 )

Foto diatas (part 2) adalah sebuah usaha saya untuk MOVE ON dari jualan bunting flag yaitu dengan menjual Printables yang bisa jadi pajangan diruangan manapun. Disitulah saya selalu menaruh kepercayaan atau positive thingking kalau jualan yang kali ini bakalan lakuu sih. Dan yang laku hanya 2, tapi saya bersyukur, setidaknyaa saya percaya dengan karya yang saya hasilkan masih ada orang yang suka.

Dan masa-masa ninggalin usaha bunting flag itu banyak banget cobaanya, mulai dari keadaan dimana saya pada saat itu lagi butuh banget uang buat bayar ini bayar itu, beli ini beli itu dan pemesanan pd saat itu banyak banget yang masuk dengan ngechat di Line ataupun via DM di instagram. Tapi, semuanya saya tolak. bukan karena nolak rezeki atau gimana yah. Tapi,karena saya sudah mantap untuk ninggalin usaha saya. kenapa ? karena saya ingin berubah !!!

saya yakin, kalau kita ninggalin sesuatu ikhlas karena ALLAH, yakin dan percaya ALLAH SWT pasti bakalan gantikan yang lebih baik dari sisi-Nya dan terbaik buat diri kita.

btw, nama akun sebenarnya mzyshop ( dulu ) tapi sekarang saya ganti dengan nama project baru saya yaitu bumerang kebaikan. makanya beberapa foto diatas berubah nama menjadi bumerang kebaikan...



SEKIAN.

TO BE CONTINUED....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terima Kasih Kalian

my Attitude is based on how you treat me

Menuang Kisah 4